Parengan, Tuban, 2023 – Saat matahari bersinar terik di langit Timur Jawa, saya dan Kak Surya telah bersiap-siap untuk sebuah petualangan tak terlupakan. Destinasi kami adalah Jambore Daerah Jawa Timur 2023, yang diikuti oleh lebih dari 1900 Pramuka Penggalang dari seluruh penjuru Jawa Timur. Kami hadir untuk satu tujuan utama: menjenguk adik Rahel, salah satu anggota Pramuka SMP Negeri 1 Prambon yang menjadi peserta yang bersemangat dalam acara prestisius ini.

Kami tiba di Bumi Perkemahan desa Ngawun, Kecamatan Parengan, Tuban, dengan harapan dan semangat yang menggebu-gebu. Meskipun panas dan kering, semangat kami tidak bisa terbendung. Kami tahu bahwa perjalanan ini akan memungkinkan kami untuk berbagi pengalaman yang berharga dan juga demi mendukung Jambore Daerah yang berlangsung selama kurang lebih 6 hari itu.

Acara ini dibuka dengan megah oleh Kamabida Kak Khofifah, yang memberikan semangat dan inspirasi kepada semua peserta. Dalam sambutannya, Kak Khofifah menekankan pentingnya semangat persatuan, kepemimpinan, dan nilai-nilai Pramuka yang mendalam. Serta jangan takut untuk memiliki impian yang besar

Perjalanan Berkemah yang Tidak Terlupakan

Kami merasakan kemeriahan sejak hari pertama kami tiba di Bumi Perkemahan. Berkumpul dengan Pramuka Penggalang dari berbagai daerah di Jawa Timur membawa perasaan kebersamaan yang sangat spesial. Kami semua memiliki tujuan yang sama: mengembangkan karakter, belajar keterampilan baru, dan menjalin persahabatan.

Meskipun udara terasa panas dan kering, semangat kami tetap berkobar. Kami memulai berbagai kegiatan yang mencakup penjelajahan alam, pelatihan survival, game tradisional, dan bahkan kursus kepemimpinan. Semuanya diselenggarakan dengan baik dan dipandu oleh kakak-kakak Pramuka yang berpengalaman.

Saat Malam Tiba

Meski siang terik telah membuat kami lelah, semangat kami tidak surut. Bahkan saat malam menjelang, udara masih terasa hangat. Aktivitas malam pun tak kalah menarik. Ada kegiatan pentas seni yang menghangatkan suasana dan menjadi pusat pertemuan bagi para Pramuka muda yang berkumpul untuk bernyanyi, bercerita, dan berbagi pengalaman.

Kami juga tidak melewatkan kesempatan untuk menikmati keindahan langit bintang di malam hari. Jauh dari cahaya kota, bintang-bintang bersinar terang, membawa kedamaian dan keajaiban. Ini adalah saat-saat refleksi dan kebersamaan yang membuat kunjungan kami semakin berarti.

Pesan untuk Masa Depan

Selama kunjungan kami ke Jambore Daerah Jawa Timur 2023, kami tidak hanya mendukung Rahel dalam pencapaian Pramuka yang luar biasa, tetapi juga menemukan kekuatan dalam persatuan dan semangat berbagi. Kami belajar bahwa Pramuka bukan hanya tentang kegiatan outdoor dan keterampilan bertahan hidup, tetapi juga tentang pengembangan karakter, kepedulian terhadap sesama, dan kebersamaan.

Pramuka adalah jalan yang panjang dan penuh petualangan. Kunjungan kami ke Jambore Daerah Jawa Timur tahun ini memberikan pengalaman yang tak terlupakan dan memberi kami semangat untuk terus berkontribusi dalam Gerakan Pramuka. Kami berharap Rahel dan semua peserta Jambore Daerah akan terus mengembangkan diri, mempertahankan semangat Pramuka, dan menjadi pemimpin masa depan yang tangguh dan peduli terhadap dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *